Bronjong sebagai kerajinan tangan Warga sambeng,GunungKidul

~ Minggu, 25 Desember 2011



                  Foto di atas memperlihatkan seorang kakek yang sedang menganyam bronjong, sebut saja MBAH MARTO WAKIMAN , seorang kakek yang tinggal di sebuah desa di gunungkidul
dengan alamat, sambeng1,sambirejo,ngawen,gunungkidul ini, merupakan sentra penghasil kerjinan bronjong,                                                                                                                                                    Apa yang di Maksud dengan bronjong itu?
bronjong adalah sebuah kerjinan tangan, jenisnya sangat banyak ada yang terbuat dari bambu dan ada juga yang terbuat dari plastik"para pengerajin bronjon biasa menyebutnya janur

 
 
                             gambar janur

janur adalah tali pipih dan panjang seperti pita , tebalnya pun bervariasi ada yang kecil dan besar, serta warnaya pun bervariasi juga, ada yang berwarna Biru muda,Biru tua,Hijau transparan,Hijau telur bebek,dll.
sebenarnya janur merupakan limbah pabrik kapas yang di pasok dari luar daerah biasanya di datangkan oleh para agen bahan baku bronjong dari surabaya.
untuk membelinya para pengarajin kebanyakan di datangi para agen ditributor janur.
janur di jual per kilo. dan harganya bervariasi menurut ukuran dan kuakitasnya.
dalam sekali membeli janur ke agen distributor, para pengrajin rata-rata selalu membeli dengan jumlah yang banyak bisa ber kwintal-kwintal karena apabila membeli sedikit demi sedikit, selang beberapa bulan harga janur naik lagi. makanya kebanyakan para pengrajin langsung membli janur dalam jumlah yang banyak baru di kerjakan.
nah setelah saya membahas janur sekarang saatnya saya membahas apa itu Bronjong.
bronjong adalah bronjong adalah sebuah kerjinan tangan yang di anyam berbentuk 2 buah kubus (kiri &kanan) berfungsi bisa untuk alat angkut pada motor.kebanyakan warga pedesaan dan para pedagan pasar memakainya untuk mengakut barang saat mencari pakan ternak,hasilpanen,dan barang dagangan yang akan di bawa ke pasar


                                                                  
                                                                     gambar bronjong   

         di daerah Desa sambeng Bisa di bilang Bronjong buatan mbah marto wakiman lah yang paling berkualitas kenapa? karena beliau mengutamakan hasil produksi yang berkualitas,kokoh dan tahan lama pada hasil bronjongya tadi, dalam membuat kerajinan bronjong dirinya tidak asal membuat maklum saja sudah hampir puluhan tahun beliau berkecimpung dalam pembuatan bronjong, dan tidak mengunakan sambungan pada bronjongya yang kebanyakan pengrajin yang sama masih mengunakan sambugan saat menganyam, yang di maskud sambungan adalah janur dengan potogan pendek masih di gunakan untuk menganyam akibatnya bronjong yang di buat dari sambung-sambugan janur kekuatanya akan lemah dan mudah jebol ketika untuk mengakat benda berat yang di masukan ke dalam beronjongnya.

                     coba lihat di gambnar atas pasti beliau mengunakan janur yang panjang. itulah kelebihan dari bronjong mabah marto, selain tidak mengunakan sambung-sambugan janur ada kelebihan lainya yaitu adanya tambahan besi beton dalam kerangka bronjong, tidak sampai di situ, masih ada lagi penguat yanbg terbuat dari kayu yang menempel dengan kokoh di bronjong buatanya, jadi pasti di jamin awet kokoh dan tahan lama bronjong buatan mbah marto wakiman ini.

0 komentar:

Posting Komentar